Oposisi Mars

imagesMenjelang Mei 2016 ini, Planet Mars–planet tetangga Bumi kita–akan muncul dengan cahaya paling terang, lebih tepatnya superterang, dalam satu dekade terakhir. Dan momen ini adalah momen terbaik untuk melihatnya baik dengan mata telanjang maupun dengan teleskop!

Dilansir dari Space, ini merupakan peristiwa yang cukup langka, penduduk Bumi tidak terlalu sering melihat Mars dengan cahaya superterang daripada yang akan terjadi tahun ini. Biasanya, pengamat langit di Bumi hanya melihat Mars yang nampak bagai titik atau bintang oranye kemerahan yang kecil dengan mata telanjang.

Ketika oposisi tanggal 22 Mei 2016, Mars akan terlihat mulai pukul 18:11 hingga keesokan hari pukul 05:25 waktu lokal daerah Anda. Planet Merah akan mencapai titik tertinggi di langit sekitar pukul 23:46 waktu lokal daerah Anda, yakni pada ketinggian 74° di atas horison Selatan Anda.

Dalam Tata Surya, planet-planet bergerak mengelilingi Matahari. Dan itulah yang dilakukan oleh Bumi dan Mars. Keduanya bergerak mengelilingi Matahari dalam lintasan berbentuk ellips dan Matahari berada pada salah satu titik fokus elipsnya.

Dalam pergerakan mereka mengelilingi Matahari, ada kala ketika kedua planet berpapasan dekat dan berada segaris dengan Matahari dengan Bumi berada di antara Mars dan sang bintang induk yang kita kenal sebagai peristiwa oposisi Mars. Oposisi Mars terjadi setiap 26 bulan dan ketika oposisi Mars terjadi, kedua planet juga berada pada jarak terdekatnya.

opposition

Oposisi planet. Kredit: Swinburne University

Planet merah yang jadi tetangga Bumi tersebut memang selalu menarik perhatian semenjak Christian Huygens menggambar sketsa permukaannya pada tahun 1659. Mars kemudian menjadi dunia impian untuk keberadaan kehidupan lain di luar Bumi. Pencarian pun dilakukan untuk bisa menemukan tanda-tanda kehidupan di planet tersebut. Berbagai misi pun diluncurkan untuk menelusuri jejak kehidupan di Mars. Dan waktu 6 bulan sebelum oposisi merupakan saat terbaik untuk mengirimkan wahana ke Mars. Di akhir tahun 2013, 2 misi ke Mars telah diluncurkan yakni MAVEN milik NASA dan pengorbit Mangalyaan dari India yang akan tiba di Mars pada bulan September 2014.

 

 

Sumber:

(http://langitselatan.com/2014/04/08/oposisi-mars-2014/)

(http://www.infoastronomy.org/2016/02/planet-mars-akan-sangat-terang-pada-2016.html )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *